del caffè

I’d rather take coffee than compliments just now. ― from Little Women by Louisa May Alcott

 

Kopi, café, koffie, 커피, dan sederet kata lainnya (baca) untuk cairan hitam pahit atau manis ini selalu jadi alasan sebagian orang saya untuk singgah ke tempat-tempat baru yang hampir sudah ratusan mungkin banyaknya di kota saya, Jogja.

FullSizeRender
caffè latte @ Magistra

Sekedar mampir atau mlipir, pesan kopi lalu duduk menikmati, seperti judul blog teman baik saya, Iwa.

Adiksi saya pada kopi (iyah, levelnya udah sampe nagih kalau sehari ga’ ngopi) dimulai 4 tahun lalu di negara seberang lautan yang selalu berbau harum kopi atau pizza panggang ketika kita menyusuri jalan-jalan dan gang-gang kecilnya. Hampir di setiap sudut, berjarak beberapa rumah atau toko pasti ada il bar atau tempat untuk minum kopi seperti kafeteria di sini. Waktu itu kegiatan ngopi saya bisa 3-5 gelas per hari (espresso atau cappuccino) baik yang dari mesin atau dari warkop langganan dekat asrama.

Singkat cerita, sepulangnya ke Jogja, sempat terpikir mau membuat warkop sendiri karena waktu itu di Jogja belum seheboh saat ini. Yah, apa daya dan kuasa, minimnya effort dari segi materiil spirituil jadi mengecilkan niat hati (kebanyakan alasan, ah).

Nah, karena itu, walaupun masih gagal punya usaha warkop sendiri, kalau lagi selow (sebetulnya kebanyakan selow-nya) saya suka berwisata dari satu warkop ke warkop lainnya untuk minum kopi, apalagi di setiap tempat pasti mereka punya kopi spesial à la warkop masing-masing.

Jadi, kategori ini akan dikhususkan untuk tamasya warkop saya yang seharusnya sudah lebih dari puluhan tempat sejak 2013 kalau dituliskan dari dulu, hehe…

Let’s procaffeinating!

Leave a Reply

