surrender your insurance

alias cara menutup polis asuransi

tips-asuransi-kesehatan

Mengurus berkas atau dokumen apapun saya kategorikan sebagai bagian dari dunia paralel di mana banyaknya kemungkinan bisa saja terjadi. Saya tidak akan pernah tau di langkah sebelah mana saya melakukan keteledoran, kesalahan, atau kurangnya dokumen jika tidak membaca dengan seksama atau bertanya kepada orang yang tau lebih dulu daripada saya. Daftar berkas yang harus disiapkan atau diisi akan semakin berderet panjang seiring dengan semakin rumitnya administrasi tersebut.

Di sini saya ingin berbagi info seputar cara menutup polis asuransi. Dari contoh saya mungkin lebih spesifik, yaitu polis asuransi syariah Pru. Saat ini saya masih dalam kondisi sedang mengurusnya, jadi informasi akan saya perbarui sejalan dengan prosesnya.

Dengan berbagai macam pertimbangan dan alasan akhirnya saya memutuskan untuk menutup polis asuransi syariah saya. Salah satunya adalah dalam beberapa bulan ke depan, saya tidak berada di Indonesia dan bisa dipastikan akan mendaftar asuransi lainnya selama saya tinggal di luar Indonesia (sebagai syarat untuk memiliki ijin tinggal).

Teman saya seorang mantan agen Pru menyarankan untuk mendatangi kantor Pru langsung di daerah perumahan Casa Grande dengan membawa : buku polis asli lengkap, KTP dan kartu Pru yang diberikan berikut fotokopi halaman depan buku tabungan. Saya sudah membayar premi saya selama 7 tahun dan sebetulnya dari cerita dan blog yang sudah saya baca, jangan terlalu berharap untuk mendapat penebusan sejumlah premi yang dibayarkan karna bisa berkurang hampir separuhnya atau lebih. Dari teman saya, dia mengatakan yang akan dikembalikan adalah nilai unit kita selama membayar premi secara rutin (melalui auto debit seperti saya atau setor langsung).

Oke, saya lalu ke Casa Grande dan mengatakan ingin menutup polis asuransi saya kepada bapak yang berjaga di depan pintu. Sembari beliau memeriksa buku polis saya, saya ditanya alasan menutup polis tersebut. Saya katakan akan saya tinggal beberapa waktu ke luar negeri atau untuk simpelnya bilang saja “butuh dana”. Lalu saya menemui mbak-mbak agen di dalam yang ditunjuk. Sayang sekali saat ini kita tidak bisa langsung mengurus penutupan polis dari kantor cabang domisili (Yogya) tetapi semua dokumen harus dikirimkan ke Bagian Customer Care di Jakarta. Peraturan ini berlaku sejak September 2016 lalu. Yak, disinilah tantangan menyelesaikan administrasi dimulai…

Langkah pertama yang harus dilakukan: menelepon bagian Customer Care Pru di nomor 1500085 karena akan dijawab oleh mesin, saya sarankan langsung ke nomor ekstensinya untuk berbicara langsung dengan CS Pru yaitu 1341 (khusus polis syariah).

Akan ada CS yang menyapa dengan ramah dan bertanya apa yang bisa dibantu. Siapkan lembar laporan premi per bulan karna kita perlu tau nomor polis kita, alamat yang dipakai untuk mendaftar (tertera di pojok kiri atas) dan jumlah premi yg dibayar per bulan. Alasan juga akan ditanyakan dan CS akan menjelaskan untung-ruginya sebelum akhirnya menanyakan alamat e-mail untuk mengirimkan formulir penebusan polis (surrender) non syariah/syariah yang sudah diisi dengan nama kita, nomor polis dan nomor referensi. Perlu dipahami karna proses ini biasanya memakan waktu 2-4 hari watu pengiriman e-mail, dengan penjelasan bahwa sejak kita menelepon kita sudah masuk ke dalam antrian (untuk formulir dan penutupan polis). Kalau lebih dari 2 hari belum dikirim juga, ada baiknya kita menelepon kembali ke 1500085.

Langkah kedua: bila sudah menerima e-mail dari customer.idn (attachment: flyer edukasi, surat pernyataan pengajuan surrender, formulir penebusan), segera print formulir dan surat pernyataan lalu isi sesuai petunjuk. Lalu kirim formulir asli yang telah diisi dan dilengkapi dengan nomor referensi yang benar beserta:

  1. Fotokopi kartu identitas diri (ID) Pemegang Polis yang masih berlaku.
  2. Fotokopi buku rekening bank Pemegang Polis.
  3. Buku Polis asli.
  4. Jika buku Polis hilang, lampirkan Surat Keterangan dari Kepolisian asli yang menyatakan telah kehilangan buku Polis dengan mencantumkan nomor Polis yang hilang.

Langkah ketiga: kirim semuanya (berkas di atas) ke Bagian Customer Care Kantor Pusat di Pru Tower. Saya baru sampai di tahap ini dan belum tau bagaimana hasilnya. Kabarnya membutuhkan waktu 14 hari kerja (2 minggu) sampai polis berhasil ditutup. Semoga tidak lebih dari itu. Cek juga tulisan ini yang lebih singkat.

Jadi menurut saya, keputusan membuka atau menutup polis memang harus dipertimbangkan dengan baik dan seksama. Namun jangan sampai juga pembayaran premi per bulan jadi memberatkan keluarga. Semuanya kembali ke pilihan masing-masing. Hope it helps!

*gambar dari sini

Leave a Reply

